Tips Bore up Supra x 125 R 150cc
Suatu sore yang cerah, di sebuah warung kopi depan kantor ane bekerja... Tiba-tiba teman kantor meminta saya untuk bore up motor supra X125 miliknya...
Yup, dengan ceria saya jawab_ ayoo.
Dia bingung mau bore up pake piston apa, kata temen2 nya pake punya kawazaki kaze ajah..
Karena saya menganut aliran extrem.. Maka saya sarankan agar pake piston CS1 ajah, dibanding kaze diameter 53mm, punya CS1 lebih besar yaitu 58mm dan yang pasti masih aman dipakai harian.
Yup si empunya setuju, langsung si supri125 masuk ke garasi HKU Racing Sby...
Si supri baru dikerjain besok harinya...
Lepas cover body, buang oli, yup langsung lepas knalpot, karbu, baut noken as and kendorkan baut stud mesin 4 biji... Buka head silinder, block dan piston....
Ughhhh__ ternyata piston dah jadi negro alias hitam... Yup tp tak apa apa, kan mau di bore up.
Bongkar kanan, kiri, lalu tengah__
Haaahhhh, koq tengah ikutan dibongkar... Yups kan lubang boring perlu di besarin biar boring baru bisa masuk dengan selamat..
Boring standar cuma sanggup dimasuki piston seukuran kaze oversize 100...
Karena permintaan bore up, jadinya klep gk di apa apain, cuma dilepas, dibersihkan, skir klep... And tak lupa ganti per klep dengan milik CS1... Kan piston dah gede, so pasti rasio kompresi gede and tekanan pun ikut gede... Soo__ per klep pun kudu diganti yang lebih kaku and kenyal.. Biar tahan menekan kompresi yang besar.
Pasang per klep CS1 tanpa masalah... Dipilih CS1 krn masih sanak saudara dengan Sonic.
Saluran in-ex cuma dihalusin ajah biar gas baru masuk dengan lancar....
Next__ waktunya belanja... Beli piston and ring piston CS1... Tak lupa beli kampas kopling BRT beserta per kopling nya..
Loh, koq sampe ganti kampas kopling... Hehhehehee__ kan tenaga udah gede, trus proses penyaluran tenaga juga kudu diperbaiki.. Alias dibuat lebih mencengkram... Dahsyaaatt..
Abis belanja langsung ke tukang kolter.. Bawa silinder block, piston, crankcase tengah sepasang..
_____
Akhirnya esok harinya kelar kolternya..
Siippp_
Langsung dicuci dengan bensin sampe bersih, pasang kruk as, transmisi.., plek... Pasang baut__ ngekk ngekkk_
Pasang kampas kopling BRT berserta dengan per kopling. Lalu_
Pasang kopling house berbarengan dengan kopling sentrifugal...
Ngekkk... Kencang sudah mur kopling house and sentrifugal.
Pasang magnet and kalter kiri juga..
Yup__ mesin sudah 50% jadi..
Sekarang pasang piston, setting top..
Ups__ piston nyundul keluar...
Wah, bahaya neh.. Kudu tambah paking aluminium... Itung itung___
Ketemu tebal paking 2 mm aman... Piston masih turun 1mm..
Secepat kilat pesan ke tukang bubut,
Ke esokan harinya dah jadi__ alhamdulillah....
Langsung pasang,, setting top noken as....
Akhirnya jadi juga si supri...
Kalo di itung, CC nya jadi 3,14/4 x 5,8 x 5,8 x 5,79 = 152,9 cc__
Wow,,, dari 124,7cc jadi 152,9cc__ maknyuss
Iseng iseng diukur Vruang bakar pake buret, ketemu 13,5cc... Kalo dimasukin rumus rasio kompresi_ ketemu 12,3 : 1..... Hmmmm
Nikmat___
Knalpot dipasang__ karbu dipasang... Lho, karbu koq masih standar..
Hehhhheeee,, yg punya motor masih nabung buat beli karbu SP.
Setting spuyer... Akhirnya ketemu slowjet 38 dan mainjet 98__
Hmmm ___ langsung ane kabari si empunya... Langsung dicoba si supri 150cc.
Apa katanya___ enak mas, buat nyalip gampang... Hehehee lah gimana gk gampang, wong CC ne 150, trus rasio kompresi juga gede... Yo nikmat_
Akhirnya_ jadi juga supra x150cc
Yup, dengan ceria saya jawab_ ayoo.
Dia bingung mau bore up pake piston apa, kata temen2 nya pake punya kawazaki kaze ajah..
Karena saya menganut aliran extrem.. Maka saya sarankan agar pake piston CS1 ajah, dibanding kaze diameter 53mm, punya CS1 lebih besar yaitu 58mm dan yang pasti masih aman dipakai harian.
Yup si empunya setuju, langsung si supri125 masuk ke garasi HKU Racing Sby...
Si supri baru dikerjain besok harinya...
Lepas cover body, buang oli, yup langsung lepas knalpot, karbu, baut noken as and kendorkan baut stud mesin 4 biji... Buka head silinder, block dan piston....
Ughhhh__ ternyata piston dah jadi negro alias hitam... Yup tp tak apa apa, kan mau di bore up.
Bongkar kanan, kiri, lalu tengah__
Haaahhhh, koq tengah ikutan dibongkar... Yups kan lubang boring perlu di besarin biar boring baru bisa masuk dengan selamat..
Boring standar cuma sanggup dimasuki piston seukuran kaze oversize 100...
Karena permintaan bore up, jadinya klep gk di apa apain, cuma dilepas, dibersihkan, skir klep... And tak lupa ganti per klep dengan milik CS1... Kan piston dah gede, so pasti rasio kompresi gede and tekanan pun ikut gede... Soo__ per klep pun kudu diganti yang lebih kaku and kenyal.. Biar tahan menekan kompresi yang besar.
Pasang per klep CS1 tanpa masalah... Dipilih CS1 krn masih sanak saudara dengan Sonic.
Saluran in-ex cuma dihalusin ajah biar gas baru masuk dengan lancar....
Next__ waktunya belanja... Beli piston and ring piston CS1... Tak lupa beli kampas kopling BRT beserta per kopling nya..
Loh, koq sampe ganti kampas kopling... Hehhehehee__ kan tenaga udah gede, trus proses penyaluran tenaga juga kudu diperbaiki.. Alias dibuat lebih mencengkram... Dahsyaaatt..
Abis belanja langsung ke tukang kolter.. Bawa silinder block, piston, crankcase tengah sepasang..
_____
Akhirnya esok harinya kelar kolternya..
Siippp_
Langsung dicuci dengan bensin sampe bersih, pasang kruk as, transmisi.., plek... Pasang baut__ ngekk ngekkk_
Pasang kampas kopling BRT berserta dengan per kopling. Lalu_
Pasang kopling house berbarengan dengan kopling sentrifugal...
Ngekkk... Kencang sudah mur kopling house and sentrifugal.
Pasang magnet and kalter kiri juga..
Yup__ mesin sudah 50% jadi..
Sekarang pasang piston, setting top..
Ups__ piston nyundul keluar...
Wah, bahaya neh.. Kudu tambah paking aluminium... Itung itung___
Ketemu tebal paking 2 mm aman... Piston masih turun 1mm..
Secepat kilat pesan ke tukang bubut,
Ke esokan harinya dah jadi__ alhamdulillah....
Langsung pasang,, setting top noken as....
Akhirnya jadi juga si supri...
Kalo di itung, CC nya jadi 3,14/4 x 5,8 x 5,8 x 5,79 = 152,9 cc__
Wow,,, dari 124,7cc jadi 152,9cc__ maknyuss
Iseng iseng diukur Vruang bakar pake buret, ketemu 13,5cc... Kalo dimasukin rumus rasio kompresi_ ketemu 12,3 : 1..... Hmmmm
Nikmat___
Knalpot dipasang__ karbu dipasang... Lho, karbu koq masih standar..
Hehhhheeee,, yg punya motor masih nabung buat beli karbu SP.
Setting spuyer... Akhirnya ketemu slowjet 38 dan mainjet 98__
Hmmm ___ langsung ane kabari si empunya... Langsung dicoba si supri 150cc.
Apa katanya___ enak mas, buat nyalip gampang... Hehehee lah gimana gk gampang, wong CC ne 150, trus rasio kompresi juga gede... Yo nikmat_
Akhirnya_ jadi juga supra x150cc
Habis biaya berapa bang ?
BalasHapus