Elemen Mesin (RANTAI)
Rantai
Pada bagian sebelumnya yaitu sabuk, slip dapat saja terjadi. Untuk menghindari terjadinya slip maka digunakan rantai baja yang terdiri dari sejumlah link kaku yang berengsel dan di sambung oleh pin untuk memberikan fleksibilitas yang diperlukan.
Rantai yang di gunakan untuk menstransmisi daya dimana jarak kedua poros besar dan dikehendaki tidak terjadi slip. Di banding dengna transmisi rooda gigi, rantai jauh lebih murah akan tetapi brisik serta kapasitas daya dan kecepatannya lebih kecil.
Rantai sebagian besar digunakan untuk mengirimkan gerakan dan daya dari satu poros ke poros yang lain, seperti ketika jarak pusat antara poros pendek seperti pada sepeda , sepeda motor, mesin pertanian, konveyor, dll dan juga rantai mungkin dapat juga digunakan untuk jarak pusat yang panjang ( sampai 8 meter ).
1.1 Keuntungan dan kerugian dai banding dengna transmisi sabuk
Keuntungan
1. Selama beroperasi tidak terjadi slip sehingga ratio kecepatan yang sempurna.
2. Karena rantai terbuat dari logam, maka ruang yang dibutuhkan lebih kecil dari pada sabuk, dan dapat menghasilkan transmisi yang benar.
3. Memberikan efisiensi transmisi tinggi (sampai 98 persen).
4. Dapat di operasikan dapa suhu cukup tinggi maupun pada kondisi admosfer.
Kekurangan
1. Biaya produksi rantai relative tinggi .
2. Dibutuhkan pemeliharan rantai dengan cermat dan akurat, terutama pelurusan dan penyesuaiann pada saat kendur.
3. Rantai memiliki fluktuasi terutama saat terlalu merenggang.
1.2 istilah yang sering digunakan dalam rantai.
1. Pitch of chain adalah jarak antara pusat engsel link dan pusat engsel yang sesuai dari link yang berdekatan, seperti di tunjukkan pada gambar 4.2, biasanya di lambangkan dengan p.
2. Pitch circle diameter of chain sprocket adalah pusat lingkaran pada engsel A,B,C dan D dimana di tarik lingkaran melalui pusat-pusat tersebut dengan pusat poros sebagai pusat lingkaran, di sebut pitch lingkaran atau diameter sprocket.
1.3 Hubungan antara pitch (p) dan pitch circle diameter (D).
Sebuah rantai ditunjukkan pada gambar 4.2 pertimbangkan satu pitch AB dari rantai membentuk sudut q di pusat sprocket (atau lingkungan pitch).
Jika
D = diameter lingkaran
T = jumlah gigi sprocket
Dari gambar 4.2 akan di peroleh picth dari rantai adalah :
Diketahui :
Diameter sprocket luar (Do), dapat di cari dengan :
Dimana ;
1.4 Rasio kecepatan
Kecepatan rasio rantai di berikan oleh :
V.R.= =
N1 = kecepatan putaran spocket kecil
N2 = kecepatan putaran roda gigi yang lebih besar
T1 = jumlah gigi pada sprocket
T2 = jumlah gigi pada sprocket yang lebih besar
Kecepatan rata – rata rantai adalah :
V = =
Dimana :
D = picth circle diameter of the sprocket inn meters
P = picth of the chain in meters
1.5 Panjang rantai dan jarak antar pusat
T1 = Jumlah gigi pada sprocket kecil
T2 = jumlah gigi pada sprocket yang lebih besar
P = Pitch rantai
X = jarak antar pusat
Panjang rantai (L) harus sama dengna jumlah link rantai (K) dan pitch rantai (p),secara matematis,
L = Kp
Jika harga Lp pecahan, maka dibulatkan ke atas.
Jumlah ling rantai dapat di peroleh ekspresi berikut (jika jarak antara pusat poros dikeatui).
1.6 Jenis jenis rantai
a. Rantai rol (roller chain)
Rantai rol sangat luas pemakaiannya karena harganya yang relative murah dan perawatan dan pemasangannya mudah. Contoh : pemakaian pada sprocket sepeda motor dan sepeda, dan untuk menggerakkan sprocket pada industry.
b. Rantai gigi (silent chain)
Rantai jenis ini mempunyai keunggulan pada tingkat kecepatan dan kapasitas daya yang ditransmisikan lebih besar , serta tingkat kebisingan lebih kecil, akan tetapi harganya lebih mahal.
Pemakaian rantai ini masih terbatas karena harganya yang mahal dan orang lebih suka menggunakan transmisi roda gigi.
1.7 Ranntai rol
Rantai rol di standarisasi dan di buat atas dasar pitch. Rantai rol tersedia dalam satu baris rantai rol multi baris (duplek atau triplek ),
1.8 Faktor keamanan rantai bergerak
Factor keselamatan bagi rantai penggerak didefinisikan sebagai rasio kekuatan putus (wa)dari rantai dengan beban total pada sisi penggerak dari rantai(W).
1.9 kecepatan yang diijinkan pada sprocket yangkecil (pinion)
table berikut menunjukkan kecepatan yang diizinkan pada sprocket kecil :
1.10 Daya yang di transmisi rantai
daya yang di transmisikan oleh rantai berdasarkan breaking load adalah :
Wb = breaking load (N)
V = kecepatan rantai (m/s)
N = factor keamanan
Ks = service factor = K1, K2 , K3 Referensi : - http://www.scribd.com/doc/47730081/ELEMEN-MESIN-RANTAI
elemen mesin lewat
BalasHapuselemen ,mesin lewat
BalasHapus