Makalah Rekrutmen dan Seleksi Karyawan


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Rekrutmen merupakan serangkaian aktivitas untuk mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian dan perencanaan kepegawaian. Sedangkan seleksi merupakan proses pemilihan dari kelompok pelamar atau orang-orang yang memenuhi dari sekelompok pelamar atau orang-orang yang memenuhi kriteriauntuk menempati posisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada saat ini yang dilakukan oleh perusahaan.Penyusutan pegawai biasanya terjadi karena adanya pegawai yang  memasuki masa pension, meninggal dunia atau dikeluarkan dari institusi karena melanggar tata tertib dan disiplin pegawai yang telah ditetapkan perusahaan MARASAKE, oleh karena itu pegawai baru menggantikannya dengan masa kerja yang berbeda-beda dipastikan setiap tahunnya ada pegawai yang memasuki masa pensiun. Rekrutmen dapat  juga dilakukan untuk menambah pegawai baru ke dalam suatu satuan kerja yang kegiatannya semakin menurun aktivitas yang tinggi.Dalam rekrutmen juga perlu adanya proses seleksi yang efektif, hal ini dilakukan untuk melakukan pemerataan pegawai pada setiap seksi sehingga kekuatan setiap seksi menjadi seimbang. Oleh karena itu diperlukan pegawai-pegawai baru untuk memperkuat suatu kerja.Mengingat sangat pentingya proses rekrutmen dan seleksi bagiperusahaan, diharapkan dengan adanya proses rekrutmen dan seleksi yang baik dan efektif berdampak bagi perkembangan perusahaan kedepannya untuk memperoleh sumber daya yang berkualitas di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE
1.2.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana rekrutmen dan seleksi karyawan di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE.
2.      Bagai mana permasalahan yang berkaitan dengan rekrutmendan seleksi karyawan di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE.
3.      Bagaimana solusi dari permasalahan rekrutmen dan seleksikaryawan di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE.

1.3.  Maksud dan Tujuan
Berdasar indentifikasi masalah diatas, maka tujuan yang hendak dicapai dari makalah ini adalah adalah memperoleh data daninformasi yang tepat untuk mengolah dan menganalisa data, secara khusus makalah bertujuan untuk:
1.      Mengetahui dan mempelajari bagaimana rekrutmen dan seleksikaryawan di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE
2.      Mengetahui dan mempelajari bagaimana permasalahan yangberkaitan dengan rekrutmen dan seleksi karyawan di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE
3.      Mengetahui dan mempelajari bagaimana solusi daripermasalahan rekrutmen dan seleksi karyawan perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE












BAB II
LANDASAN TEORI
2.1.  Rekrutmen
Rekrutmen pada dasarnya merupakan usaha untuk mengisi jabatan atau pekerjaan yang kosong dilingkungan suatu organisasiatau perusahaan, untuk itu terdapat dua sumber tenaga kerja yakni sumber dari luar (eksternal) organisasi atau perusahaan dan sumber dari (internal).Rekrutmen yang efektif merupakan tersedianya informasi yang akurat dan berkesinambungan mengenai jumlah dan kualifikas iindividu yang diperlukan untuk melaksanakan berbagai pekerjaandan organisasi. Aktifitas rekrutmen menyisihkan pelamar yang tidak tepat danmefokuskan upayanya pada calon yang akan dipanggil kembali. Aktivitas rekrutmen dapat membangun opini public yang menguntungkan dengan cara mempengeruhi sikap para pelamarsedemikian rupa terlelap mereka diangkat atau tidak. Untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai pengertian rekrutmen, berikut dikemukakan beberapa definisi rekrutmenmenurut beberapa ahli antara lain :
·      Menurut  Malayu S.P Hasibuan (2000:40), menyatakan bahwa :
Rekrutmen adalah usaha dan mempengaruhi tenaga kerja,agar mau melamar lowongan perkerjaan yang ada dalamsuatu pekerjaan

·      Menurut Hendry Simamora (2004:170), menyatakan bahwa :
Rekrutmen adalah serangkaian aktivitas mencari danmemikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan,keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk menutupikekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaankekaryawanan. Aktifitas rekrutmen dimulai pada saat calonmulai dicari dan berakhir pada saat lamaran mereka diserahkan
·      Menurut  T. Hani Handoko (2000:69),Menyatakan bahwa :
Penarikan (recruitment) adalah proses pencarian dan pemikatan para calon karyawan (pelamar) yang mampuuntuk melamar sebagai karyawan. 
·      Menurut Veithzal Rivai (2004:160), menyatakan bahwa :
Rekrutmen adalah serangkaian kegiatan yang dimulaiketika sebuah atau organisasi memerlukan tenaga kerja danmembuka lowongan sampai mendapatkan calon karyawanyang diinginkan atau kualified sesuai dengan jabatan ataulowongan yang ada.
Secara keseluruhan proses rekrutmen merupakan suatu usahauntuk mencari tenaga kerja dan memikat calon tenaga kerja tersebut untuk dapat bekerja di perusahaan dan menempati posisi dengan yang di inginkan. Proses rekrutmen di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE dilakukan secara acak dari setiap lamaran yang masuk, dimana yangnantinya akan melalui beberapa tahap dalam melakukan  proses seleksi.
2.2.  Seleksi
Seleksi merupakan bagian materi dari operasional manajersumber daya manusia yaitu pengadaan (rekrutment), sedangkanpengadaan itu terdiri dari; perencanaan, perekrutan, seleksi,penempatan dan produksi. Proses seleksi merupakan tahap-tahapkhusus yag digunakan untuk memutuskan pelamar mana yang akanditerima. Proses tersebut dimulai ketika pelamar kerja dan diakhiridengan keputusan pemerintah. Proses seleksi merupakan prosespengambilan keputusan bagi calon pelamar untuk diterima atau ditolak. Banyak diperlukan pertimbangan untuk memilih orang yangtepat, pedoman pokok dalam mengadakan seleksi adalah spesifikasi jabatan, karena dari situasi diketahui kualitas SDM yang dibutuhkan.Untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai pengertianseleksi, berikut dikemukakan beberapa definisi rekrutmen menurut beberapa ahli antara lain :
·      Pengertian seleksi menurut  Henry Simamora (2004:202)
Seleksi adalah Proses pemilihan dari sekelompok pelamar, orang atauorang-orang yang paloing memenuhi kriteria seleksi untukposisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada pada saatini yang dilakukan oleh perusahaan
·      Sedangkan menurut  Sondang P Siagaan (2006:131)
Seleksi adalah Proses yang terdiri dar berbagai spesifikasi, yang diambiluntuk memutuskan pelamar mana yang akan diterima ataupelamar mana yang akan ditolak.
·      Sedangkan pengertian seleksi menurut  casio (1992) yang dialih bahasakan oleh Amrwansyah dan Muharam (2000:53) adalah Proses identifikasi dan pemilihan orang-orang darikelompok pelamar yang paling cocok yang palingmemenuhisyarat untuk jabatan dan posisi tertentu
Berdasarkan pengertian-pengertian diatas maka dapat ditarikkesimpulan bahwa pengertian seleksi adalah proses memilihseseorang yang cocok untuk menempati suatu jabatan atau posisitertentu
















BAB III
PEMBAHASAN
3.1.  Pelaksanaan Proses Rekrutmen dan Seleksi Karyawan di PT.BAF Cabang Purwodadi.
Dalam merekrut karyawan baru ada bebrapa langkah yangdilakukan oleh PT. BAF
cabang Purwodadi biasanya terjadi karenaadanya karyawan yang mengundurkan diri, meninggal dunia,dikeluarkan sebab produktifitasnya sudah menurun (tua) dan sebabpelanggaran oleh karyawan tersebut. Biasanya proses perekrutandan seleksi karyawan perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE dilakukan melaluisumber eksternal perusahaan, kebijakan ini membuat keseragamanmetode dalam merekrut karyawan dan serentak yang ditetapkan oleh  perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE.
Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan mempunyai keahlianyang cukup dibidangnya, langkah-langkah yang dilakukan adalahsebagai berikut :
1.      Lembaga-lembaga pendidikan.
2.      Referensi karyawan atau rekan.
3.      Referensi dari perusahaan lain.
4.      Bursa tenaga kerja
Selain melakukan langkah langkah diatas perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE juga memasang iklan dimedia cetak dan elektronik. Setelah melakukan aktivitas-aktivitas tersebut di atas maka pihak perusahaan menyeleksi setiap lamaran yang masuk dan diambil secara radom (acak) yang nantinya akan diranking dan dirata- ratakan secara keseluruhan yang nantinya akan dipanggil untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Dimana ada beberapa tahap seleksi yaitu sebagai berikut :
1.      Tes AkademikPada tahap ini tes yang dilakukan yaitu tes akademik
2.      InterviewInterview dilakukan untuk menilai sejauh mana si pelamar memiliki motivasi serta kelayakan untuk bekerja di bagian mana.
3.      Kesehatan. Catatan kesehatan merupakan catatan tersendiri bagi perusahaan untuk mengetahui bagai mana kondisi si pelamarapakah sesuai dengan medan yang akan ditempakan nanti. Apa bila calon pegawai tersebut lolos dalam seleksi tersebut,maka calon pegawai tersebut akan melewati masa percobaan selamatiga bulan.
3.2.  Tujuan Rekrutmen
Aktivitas rekrutmen menyisihkan pelamar yang tidak tepat dan memfokuskan upaya pada calon yang akan dipanggil kembali.Program rekrutmen yang baik perlu melayani banyak tujuan yangkadang kala bertentangan.Menurut Hendry Siamamora tujuan utama rekrutmen adalah menemukan  pelamar yang berkualitas yang akan tetap bersamaperusahaan dengan biaya yang paling sedikit Tujuan pascapengangkatan perlu dipikirkan, proses rekrutmen harusmenghasilkan karyawan yang merupakan pelaksanaan yang baik danakan tetap bersama dengan perusahaan sampai jangka waktu yang wajar. Rekrutmen karyawan mempunyai tujuan untuk menemukanpelamar yang berkualitas, dimana para calon pelamar tersebut akandiseleksi melalui beberapa tahapan tes yang cukup panjang supayaperusahaan benar-benar mendapat karyawan yang sesuai dengankriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga dapat menambah Income dari perusahaan tersebut.











BAB IV
Kesimpulan dan Saran
4.1.  Kesimpulan
1.      Pelaksanaan proses perekrutan dan seleksi di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE dapat dikatakan sudah berjalan sesuai dengan teoriproses rekrutmen, di perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE sudah mengikuti beberapaketentuan yang harus dijalankan oleh sebuah perusahaan danmenjalankan beberapa ketentuan dalam merekrut dan menyeleksi calon krayawan yang akan bekerja diperusahaannya.
2.      Mengenai kendala dilapangan dakam proses rekrutmen dan seleksi karyawan perusahaan muniman bubuk instan MARASAKE terdapat kendalaseperti biaya yang dimiliki perusahaan sangatlah terbatas,kondisi pasar tenaga kerja yang terbatas, metode yang digunakan untuk merekrut karyawan masih menggunakan system yang lama, sedangkan kendala dalam melakaukan seleksi seperti pelamar yang memenuhi kriteria jumlahnya terbatas, waktu untuk melakukan seleksi cukup singkat, tenagaahli yang dimiliki juga terbatas.
4.2.  Saran
1.      Kami menyarankan pada proses rekrutmen supaya lebih telitilagi dalam menyeleksi karyawan dan memilih karyawan yangbenar-benar cocok dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkanoleh perusahaan, mungkin dengan mengadakan seleksi yanglebih teliti dan lebih selektif lagi akan membawa hasil yang lebihbaik lagi bagi perusahaan. Selain dalam masalah perekrutan juga mengenai seleksi yangdilakukan harus lebih ketat lagi supaya mendapat sumber dayamanusia yang berkualitas dan berkompeten dan juga harusdiperhatikan mengenai masalah pelatihan bagi karyawan harus lebih ditingkatkan lagi supaya dapat bersaing denganperusahaan yang lain.Dalam melaksanakan kewajiban alangkah baiknya setiappegawai diberikan pengarahan yang lebih jelas menganaipekerjaan yang harus dikerjakan dan pekerjaan yang tidakboleh dikerjakan.


2.      Perusahaan harus lebih meningkatkan anggaran biaya yangdibutuhkan dalam merekrut supaya perekrutan dapat berjalandengan lancar, selain itu perusahaan harus menambah waktudalam menyeleksi supaya dapat menghasilkan tenaga kerjayang lebih berkualitas dan berkompeten.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply